Green Canyon Indonesia, Wisata air jawa di barat dengan sejuta keindahan

Memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh dari pantai wisata populer yaitu Pantai Pangandaran, yang hanya berjarak sekitar 30km atau bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan berkendara dengan motor maupun mobil. Green Canyon / Cukang Taneuh ini terletak di Dusun Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran-Jawa Barat. 

Green Canyon Indonesia, Wisata air jawa di barat dengan sejuta keindahan
Green Canyon Indonesia, Wisata air jawa di barat dengan sejuta keindahan


Inilah yang menjadi salah satu wisata populer di Selatan Jawa Barat. Cukang Taneuh atau sering disebut juga (Green Canyon) ini akan menawarkan keindahan dan keasriannya sebagai tempat wisata air yang menarik untuk dikunjungi. Untuk menikmati keindahan yang disuguhkan Green Canyon, Anda bisa menyewa Perahu yang telah disediakan di Dermaga Green Canyon (Cisereuh), Untuk mencapai lokasi ini wisatawan harus berangkat dari dermaga Ciseureuh. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu yang banyak tersedia di sana. Jarak antara dermaga dengan lokasi Green Canyon sekitar 3 km, yang bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit. Dengan suguhan keindahan batu karang elok berlatar rimbunnya pepohonan dan udara yang sejuk akan menjadi sajian lengkap dari obyek wisata populer yang satu ini.

Ditandakan dengan alur yang sempit yang sulit dilewati oleh perahu berarti sudah sampai di mulut Green Canyon, di mana terlihat air yang sangat jernih berwarna kebiru-biruan. Dari sinilah awal sebenarnya petualangan menjelajah keindahan objek wisata ini dimulai. Dari sini Anda dapat melanjutkan perjalanan menyusuri sungai dengan berenang atau merayap di tepi batu. Tapi bagi Anda yang masih kurang mahir berenag di sini telah disediakan pelampung. Walaupun harus menempuh cara sedikit sulit, tapi perjalanan dijamin sepenuhnya aman. Bahkan untuk anak-anak 7 tahun ke atas akan sangat aman untuk menyusuri aliran sungai dengan menggunakan pelampung yang telah disediakan dan dipandu oleh pemilik perahu.
.
Perjalanan akan terus berada di antara dinding terjal di kanan kiri aliran sungai yang menyajikan keindahan tersendiri, yang paling unik adalah batuan yang berbentuk menyerupai sebuah gua. Selain itu di bagian atas beberapa kali pengunjung akan melewati stalaktit-stalaktit yang masih dialiri tetesan air tanah. Setelah melewati beberapa ratus meter berenang, akan terlihat beberapa air terjun kecil di bagian kiri kanan yang begitu menawan. Jika diteruskan berenang maka pengunjung akan sampai pada ujung jalan, di mana terdapat gua yang dihuni oleh banyak kelelawar.

Wisata air yang mengagumkan ini sebenarnya adalah aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu akan terlihat sangat indah karena terletak dia antara dua bukit yang mengapitnya membentuk seperti suatu lukisan alam yang begitu unik dan begitu menantang untuk dijelajahi. 

Green Canyon Indonesia, Wisata air jawa di barat dengan sejuta keindahan
Green Canyon Indonesia, Wisata air jawa di barat dengan sejuta keindahan
Selanjutnya di sini juga ada suatu tempat yang dinamakan Pemandian Putri Green Canyon atau Hujan Abadi, yaitu air yang keluar dari dinding atap gua menyerupai air hujan dan tidak akan berhenti walau musim kemarau tiba, kesejukan air yang keluar dari langit-langit gua merupakan penomena alam yang menawan, sajian pemandangan alam ini semakin menawan dengan adanya sebuah batu besar di atas ketinggian sekitar 5-6 meter diatas sungai dengan bentuk atasnya melengkung menyerupai payung, Andi bisa menguji adrenaline di batu ini dengan cara meloncat dari tempat ini menceburkan diri ke sejuknya aliran sungai Green Canyoon. 

Untuk penginapan Anda tidak perlu kawatir karena terdapat banyak Hotel dan Penginapan di sekitar Green Canyon yang bisa ditemukan di Kawasan Pantai Batu Karas yang tidak jauh dari Green Canyon atau di Pantai Pangandaran dengan banyak pilihan. Pengalaman berwisata Anda akan lebih menarik juka dilakaukan di musim kemarau karena air dari Green Canyon ini akan terlihat sangat jernih dan indah.

Sebaiknya jika Anda mau menyusuri Green Canyon bawa perbekalan makanan dan minuman secukupnya sebelum mulai berwisata karena didalam setelah naik perahu tidak ada pedagang.

Bagaimana Anda sudah siap menikmati petualangan air yang indah dan menawan dari Green Canyon ini. selamat menikmati liburan bersama keluarga.

No comments:

Post a Comment