Sajian Keindahan Wisata Kawah Putih Bandung, Wisata Alam Pegunungan Di Jawa Barat Indonesia


Obyek wisata Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu obyek wisata dari sekian banyaknya tempat wisata di daerah Bandung yang begitu populer. Tempat wisata Kawah Putih ini dapat diakses dari Jalan Raya Soreang yang ada di Ciwidey yang memiliki lokasi tidak begitu jauh dari Situ Patenggang Ciwidey. Jika dari pusat kota Bandung, kurang lebih berjarak 50 km arah selatan kota Bandung.

Sajian Keindahan Wisata Kawah Putih Bandung, Wisata Alam Pegunungan Di Jawa Barat Indonesia
Sajian Keindahan Wisata Kawah Putih Bandung, Wisata Alam Pegunungan Di Jawa Barat Indonesia


Jika di lihat secara geografis, Obyek wisata Kawah Putih ini berada di area pegunungan berketinggian sekitar 2.400 meter diatas permukaan laut. Inilah yang membuat suhu udara di area obyek wisata Kawah Putih terasa sejuk, dingin dan berudara segar. Suhu udara di kawasan Kawah Putih bahkan bisa mencapai 8 derajat Celcius. Jika Anda ingin berkunjung ke Kawah Putih ini disarankan jangan sampai lupa membawa jaket atau sweater yang tebal.

Legenda tentang Kawah Putih sendiri konon diketahui pada saat abad ke-10. Konon dulu terjadi letusan Gunung Patuha yang sangat besar. Setelah terjadinya letusan tersebut ada kejadian aneh yaitu sekelompok burung terbang melewati Kawah Putih ini ditemukan mati. Ini penyebab pada masa itu banyak penduduk di area Kawah Putih ini beranggapan bahwa area Kawah Putih merupakan kawasan pegunungan yang sangat angker.

Tetapi dengan berjalannya waktu, kabar keangkeran di area Kawah Putih perlahan lahan hilang. Tepatnya sekitar tahun 1837 ada seorang ahli botani yang berasal dari Negara Jerman, yaitu Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, yang melakukan penelitian di area Ciwidey akhirnya tiba di daerah puncak Gunung Patuha dan diapun melihat sebuah danau berwarna putih dan sangat indah dan katanya dari danau tersebut, tercium bau belerang yang memiliki aroma sangat menyengat, dan sejak kejadian itulah objek wisata Ciwidey ini terkenal ke publik luas.

Konon objek wisata Kawah Putih ini adalah sebuah danau yang berasal dari hasil letusan Gunung Patuha. Tanah yang ada di kawasan objek wisata Kawah Putih ini memang terlihat berwarna putih. Menurut penelitian warna putih sendiri berasal dari campuran belerang. Bukan hanya tanahnya saja, air danau di Obyek wisata ini juga memiliki warna putih yang kehijauan. Selain itu warna danau disisni juga dapat berubah sesuai denagn tinggi dan rendahnya suhu, faktor cuaca juga, dan kandungan kadar belerang.

Kawasan wisata Kawah Putih yang ada di Ciwidey ini mulai dikembangkan oleh pemerintah sejak awal tahun 1987 sebagai destinasi wisata alam yang memiliki keindahan yang menawan. Seiring berjalanya waktu, bebrapa fasiltas penunjang terus dikembangkan untuk mendukung kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke Kawah Putih, seperti akses transportasi nya dari pintu masuk kawasan sampai ke area kawah, tempat parkir yang cukup luas, adanya pusat informasi, restoran, mushola, bahkan hingga toilet umum sekalipun.

Obyek wisata Kawah Putih Ciwidey sendiri dibuka untuk umum setiap harinya yang dimulai dari pukul 7 pagi sampi dengan pukul 5 sore, Ini membuat Anda yang suka menikmati wisata pegunungan bisa berkunjung ke Obyek Wisata Kawah Putih Ciwidey kapan saja tanpa adanya perbedaan harga tiket yang dibandrol sekitar Rp 15 ribu sampai 20 ribu per orangnya. Tapi bagi Anda yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya tambahan untuk parker kenaraan Anda sesuai dengan kendaraan yang Anda gunakan dan tempat yang Anda gunakan untuk parker.

Untuk area parker di kawasan Obyek Wisata Kawah Putih sendiri ada 2 lokasi, yaitu area parkir bagian atas dan area parker bagia bawah.Untuk area parkir atas disediakan untuk siapa saja yang ingin membawa kendaraannya sampai di area kawah, tapi area parkir atas ini belum mendukung untuk kendaraan besar seperti bus. Dan untuk area parkir bawah, kendaran Anda hanya bisa sampai di pintu gerbang, jadi Anda harus melnjutkan perjalanan ke Kawah Putih dengan transportasi yang telah disediakan di sana, atau disebut dengan ontang anting. Untuk ongkos naik ontang-anting ini cukup murah, sekitar 12.000 sampai 15.000 saja.


Sisi Menarik Kawah Putih 

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di area Kawah Putih Ciwidey ini. Mulai dari menikmati indahnya kawah, atau mendaki, naik kuda, pengambilan gambar, bahkan keperluan pre-wedding atau foto pengantin.

Sajian panorama alam di Obyek Wisata Kawah Putih ini memang sungguh mempesona. Dimana sejauh mata memandang horizon di depan, Anda akan melihat tanah yang berwarna putih laksana salju. Tetapi karena kandungan belerang yang ada di tempat ini tergolong tinggi, jadi Anda sangat disarankan untuk menggunakan masker.

Selain itu jika Anda berlama-lama di area Kawah Putih akan mengganggu pernafasan. Sebagai gantinya, Anda dapat menghirup udara segar yang ada di kaki Gunung Patuha tersebut. memakai krim kulit atau sunblock juga disarankan untuk menghindari panasnya sengatan sinar matahari di Obyek Wisata ini.

Karena memiliki keunikan dan keindahan alam yang mempesona, membuat banyak sekali pasangan pengantin mengabadikan momen pre-weddingnya dengan cara mengambil sesi foto yang berlatarkan Kawah Putih ini. Yang menjadi Spot favorit adalah area dekat danau karena memiliki background bukitan dan pohon pohon tanpa daun.

Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Obyek Wisata Kawah Putih juga menikmati keindahan alam di Situ Patenggang karena memiliki jarak yang cukup berdekatan. Selanjutnya Anda juga dapat menikmati aneka kuliner Kota Bandung yang beragam atau memilih untuk berbelanja sesuatu yang unik di sana.

Sajian Keindahan Wisata Kawah Putih Bandung, Wisata Alam Pegunungan Di Jawa Barat Indonesia
Sajian Keindahan Wisata Kawah Putih Bandung, Wisata Alam Pegunungan Di Jawa Barat Indonesia


Penginapan di area kawah putih
Berjarak sekitar 1 km dari Kawah Putih, Anda sudah dapat menemukan banyak sekali penginapan, seperti hotel, villa, atau resort dan guest house. Seperti misalnya Albis Hotel Ciwidey, Villa Kampung Karuhun, hingga Sutan Raja Hotel And Convention Centre.

Disarankan untuk Anda yang ingin menginap di sini, Anda harus membooking terlebih dahulu agar Anda bisa mendapatkan kamar yang kosong, terutama pada musim libur. Anda bisa langsung menghubungi pengelola yang ada di sana ataupun mencari penginapan yang ada di Kawah Putih secara online yang banyak trsedia.


Rute Perjalanan menuju Kawah Putih
Akses untuk menuju ke Kawasan Wisata Kawah Putih sendiri cukup mudah, baik Anda yang menggunakan transportasi umum atau memilih menggunakan kendaraan pribadi. Karena ada banyak sekali petunjuk jalan yang telah disediakan untuk mengantarkan Anda menuju ke lokasi Kawah Putih.

Untuk Anda yang berasal dari Jakarta, Anda bisa langsung mengambil jalur tol Cipularang dan keluar di pintu tol Kopo. selanjutkan Anda berjalan menuju ke Soreang yang berlanjut ke Ciwidey, dan berakhir di Kawah Putih. Tapi jika Anda lebih memilih menggunakan angkutan umum, Anda bisa langsung menuju terminal Leuwi Panjang, di sini tersedia angkot tujuan terminal Ciwidey. dari terminal Ciwidey, untuk melanjutkan perjalanan Anda bisa menggunakan angkutan umum menuju ke Situ Patenggang, dan langsung turun di pintu gerbang kawasan Obyek Wisata Kawah Putih. Bagaimana cukup mudah bukan.

Baiklah sekian dulu yang saya bahas tentang Obyek Wisata Kawah Putih yang ada di Bandung ini, Bagaimana Anda berminat untuk menikmati keindahan dan keunikan dari Obyek wisata yang satu ini. ‘SELAMET BERLIBUR’

No comments:

Post a Comment