Kepulauan Raja Ampat pulau dengan sejuta keindahan alam di Indonesia

Ini dia salah satu bukti keindahan alam indonesia, menyuguhkan wisata bawah laut yang menawan Kepulauan Raja Ampat merupakan slah satu tempat wisata laut yang sangat terkenal di indonesia ataupun di dunia. Pulau yang terletak di papua ini tepatnya berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi surganya para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Pulau Misol Di Kepulauan Raja Ampat
Pulau Misol Di Kepulauan Raja Ampat


Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian dari empat gugusan pulau yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Memang biaya yang dibutuhkan untuk mengunjungi pulaiu  ini sedikit mahal. Tapi untuk rute perjalananya sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda bisa menggunakan maskapai penerbangan dari Jakarta atau Bali ke Sorong via Makassar atau Ambon dan Manado selama kurang lebih 6 jam penerbangan. Setelah sampai di Sorong, Untuk menjelajahi Raja Ampat ada dua pilihan yaitu ikut tur dengan perahu pinisi atau tinggal di resort Raja Ampat Dive Lodge.

Terkenal dengan pemandangan bawah laut, menjadikan pulau ini paling banyak dikunjungi oleh para penyelam yang ingin menikmati suguhan pemandangan bawah laut yang mempesona, Tetapi pulau ini juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, jadi jika Anda tidak suka menyelam akan tetap bisa menikmati keindahan yang dasajikan oleh Raja Ampat dengan  gugusan pulau-pulau karst nan mempesona dan flora-fauna unik endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek dan masih banyak lagi.

Tapi sayangnya karean ulah manusia yang tidak bertanggung jawab Membuat Raja Ampat memiliki tingkat ancaman yang tinggi pula. Hal itu bisa dilihat dari kerusakan terumbu karang dan hutan bahkan keaneka ragaman makluk hidup lainya. Kerusakan yang mencolok terlihat pada kerusakan terumbu karang yang dikarenakan aktivitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan seperti bom, sianida dan akar bore (cairan dari olahan akar sejenis pohon untuk meracun ikan).

Tetapi untuk menjaga kelestarian bawah laut Kepulauan Raja Ampat,pemerintah telah melakukan konservasi di daerah ini. Ada dua lembaga internasional yang konsen terhadap kelestarian sumber daya alam Raja Ampat, yaitu CI (Conservation International) dan TNC (The Nature Conservancy). Selain itu pemerintah sendiri telah menetapkan laut sekitar Waigeo Selatan, yang meliputi pulau-pulau kecil seperti Gam, Mansuar, kelompok Yeben dan kelompok Batang Pele, telah disahkan sebagai Suaka Margasatwa Laut. Menurut SK Menhut No. 81/KptsII/1993, luas wilayah ini mencapai 60.000 hektare.Bukan hanya itu ada juga beberapa kawasan laut lainnya yang telah diusulkan untuk menjadi kawasan konservasi. diantaranya adalah Suaka Margasatwa Laut Pulau Misool Selatan, laut Pulau Kofiau, laut Pulau Asia, laut Pulau Sayang dan laut Pulau Ayau.

Kepulauan Raja Ampat pulau dengan sejuta keindahan alam di Indonesia
Kepulauan Raja Ampat pulau dengan sejuta keindahan alam di Indonesia

Aktifitas yang bisa dilakukan di Raja Ampat

.Di kepulauan Raja Ampat ini Anda akan ditawarkan dengan bermacam macam aktivitas seperti diving, snorkeling, memancing, berlayar, naik perahu hingga wisata kuliner. Slah satu yang wajib dilakukan di Raja Ampat adalah diving. Diving atau menyelam tentu merupakan suatu aktivitas yang menjadi ciri khas dari Raja Ampat, apalagi jika ditemani oleh ikan pari, penyu dan juga terumbu karang warna-warni.Selain itu Anda juga dapat menemukan kurang lebih ada 537 spesies koral dan juga 699 hewan tak bertulang belakang . Selama Anda menyelam akan ditemani oleh ahlinya dan dilengkapi dengan peralatan menyelam yang sangat memadai sehingga keselamatan dan keamanan sangat terjamin.

Selain itu Anda juga bisa merasakan keramahan dari masyarakat, apalagi kalau kita membawa sedikit oleh-oleh buat mereka berupa pinang ataupun permen. Barang ini bisa menjadi semacam simbol perdamaian indian di Raja Ampat. Mayoritas penduduk adalah pemeluk agama Islam dan Kristen dan seringkali di dalam satu keluarga atau marga terdapat anggota yang memeluk salah satu dari dua agama tersebut. Hal ini menjadikan masyarakat Raja Ampat tetap rukun walaupun berbeda keyakinan.

Bagaimana Anda berminat untuk mengunjungi pulau dengan sejuta keindahan ini, setidaknya Anda harus memiliki budget yang cukup tinggi, tapi jika dibandingkan dengan suguhan keindahan alam Raja Ampat tidak ada ruginya walaupun harus keluar biaya yang lumayan banyak.

No comments:

Post a Comment