Panorama Keindahan Pantai Kute Bali, Wisata Pantai Populer Di Pulau Bali Indonesia

Tempat wisata yang ada di Bali satu ini memang sudah menjadi salah satu ikon sebagai wisata pantai popular yang ada di Bali. Yaitu Pantai Kuta bukan hanya dikenal olehbanyak wisatawan domestik, tetapi juga banyak dikenal oleh para wisatawan dari mancanegara.

Tempat wisata popule yang ada di bagian selatan Pulau Bali ini memang memiliki keindahan pantai yang sangat luar biasa. Selain garis pantai yang memiliki panjang sampai dengan 2 km. Pantai Kute ini terlihat indah karena bentuknya yang melengkung seperti bentuk bulan sabit. Selain itu ditembah dengan adanya hamparan pasir putih yang luas, dan juga memiliki deburan ombak khas dari pantai selatan dan banyak deretan pohon kelapa akan menjadi pemandangan indah yang wajib dan harus Anda kunjungi saat dating ke Pulau Bali.

Panorama Keindahan Pantai Kute Bali, Wisata Pantai Populer Di Pulau Bali Indonesia
Panorama Keindahan Pantai Kute Bali, Wisata Pantai Populer Di Pulau Bali Indonesia


Bukan hanya itu saja, pantai Kute ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah yang ada di daerah setempat. Terlihat dari tersedianya berbagai macam fasilitas pendukung yang dibangun di Pantai Kute ini, selain ada restoran, di sini juga ada hotel jika Anda ingin Menginap di Kute, Bukan hanya itu saja masih banyak fasilitas lainya seperti bar, toko yang menyediakan suvenir dan juga tempat untuk meyewa berbagai perlengkapan olahraga air.

Jika Anda memasuki kawasan wisata Pantai Kuta, sudah pasti Anda akan melihat banyak sekali wisatawan yang lalu-lalang membawa papan selancar. Pantai Kute memang sangat dikenal sebagai lokasi yang terbaik untuk olahraga yang satu air ini, baik untuk peselancar yang masih pemula maupun yang sudah profesional. Selain itu pantai Kute juga dijadikansebagai lokasi untuk perlombaan selancar dengan tingkat nasional ataupun tingkat internasional.

Menjelang waktu senja, tempat wisata Pantai Kute ini semakin terlihat ramai didatangi wisatawan. Karena Pantai Kuta dikenal juga dengan sebutan ‘Pantai Matahari Terbenam’. Pantai Kute adalah kebalikan dari Pantai Sanur yang di kenal dengan sebutan ‘Pantai Matahari Terbit’. Memang pemandangan matahari terbenam yang ada di Pantai ini menyajikan pemandangan yang sangat indah.

Jika Anda ingin menikmati keindahan Pantai Kute, Anda tidak akan dipungut biaya. Mungkin jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda hanya perlu membayar untuk biaya parkir saja.




Sejarah Pantai Kuta

Pantai Kute ini dulunya adalah perkampungan yang sangat tenang dan juga jauh dari keramaian. Pantai ini memang awalnya hanyalah sebuah pelabuhan yang digunakan untuk berdagang dan tempat untuk berlabuhnya perahu perahu nelayan setelah mereka mencari ikan.

Dari para orang orang pedagang yang dating ke pantai ini, membuat keindahan pantai Kute mulai terdengar luas. Orang yang dulunya datang keperluan untuk jual-beli, mulai banyak yang dating untuk sekalian menikmati liburan.

Hugh Mahbett adalah seorang penulis yang pernah menerbitkan buku yang ber judul Praise to Kuta. Buku dari Hugh Mahbett ini berisi tentang sajian keindahan alam yang ada di Pantai Kuta Bali dan ajakan untuk warga sekitar Kuta agar membangun segala jenis fasilitas pendukung di kawasan pantai Kute. Menurutnya, Pantai Kuta nantinya akan menjadi sebuah tempat wisata yang banyak dikunjungi banyak orang karena sajian keindahannya.


Yang bisa dilakukan di Pantai Kuta

Ada banyak sekali kegiatan dan hal hal yang menarik yang bisa Anda lakukan di kawasan Pantai Kuta. Berikut ini beberapa hal yang saying jika Anda lewatkan selama Anda berada di kawasan wisata Pantai Kute ini.

Menikmati momen matahari terbenam
Sajian keindahan pemandangan sunset atau matahari terbenam di Pantai Kuta memang sudah tidak usah diragukan lagi. Jika Anda menikmati momen terbenamnya matahari ini akan lebih asik jika sambil ditemani sejuknya es kelapa muda dan nikmatnya jagung bakar yang banyak dijajakan di sini. Dan jangan sampai lupa juga siapkan sebuah kamera untuk bias mengabadikan momen indah Pantai Kute ini.

Pijat dan pasang tato temporer

Selanjutnya adalah berjemur di Pantai Kuta, hal ini sudah tentu bukan hal asing lagi bagi para wisatawan yang dating ke Pantai Kute. Di sepanjang pesisir pantai Kute ini, Anda akan melihat banyak orang yang melakukan ‘mandi matahari’ yang dilakukan dengan cara berbaring di atas kursi malas yang ada di pantai atau bisa di atas alas yang digelar di pasir pantai Kute. Jika Anda merasa berjemur saja belum cukup, Anda bias mencoba memanggil tukang pijat yang ada di sekitar pantai.

Selain itu, ada juga hal lain yang bias Anda coba, yaitu kepang rambut dan tato temporer. Yang bisa dilakukan sambil menikmati indahnya pemandangan pantai Kute, Tidak ada salahnya jika rambut Anda dikepang oleh para perempuan Bali yang menjual jasa kepang rambut ini.

Selain itu Anda juga bisa mentato tubuh Anda tanpa harus takut menyesal nantinya. Tinta tatto yang digunakan ini hanya temporer jadi bisa hilang beberapa hari. Di sini ada banyak sekali pola dan gambar tattoo yang ditawarkan oleh para penatto mulai dari gambar kaligrafi nama Anda atau ada juga gambar binatang atau bunga.

Selancar

Jangan sampai Anda sia-siakan kesempatan saat Anda di salah satu lokasi untuk selancar terbaik di dunia ini. Segeralah untuk menyewa perlengkapan selancar dan mulailah unruk menaklukan ombak ombak yang ada di Pantai Kuta. Jika Anda merasa belum pandai untuk berselancar, Di sini Anda bisa menyewa jasa pelatih untuk melatih Anda. Bukan hanya selancar saja , olahraga lain yang bisa Anda coba adalah olahraga bungy jumping. Bagaimana seru bukan menikmati Pantai Kute ini.

Wisata kuliner

Inilah yang menjadi hal yang paling menyenangkan saat liburan. Di Kute, Anda juga bisa menikmati nikmatnya sajian kuliner khas laut.. Ada banyak tempat untuk makan di sekitar area Pantai Kuta, mulai dari restoran yang harganya mahal sampai dengan warung makan yang memiliki harga lebih terjangkau. Anda bisa merasakan Menu khas hidangan laut seperti kepiting, udang atau beragam olahan ikan lainya. Dan Untuk minuman, Segarnya es kelapa muda sudah pasti sangat cocok jika dinikmati di tengah panasnya pantai Kute.


Berburu oleh-oleh

Selain menyajikan keindahan alam dan makanan di kawsan Pantai Kuta juga ada banyak sekali took toko souvenir yang menyajikan beragam pernak-pernik cantik yang kebanyakan terbuat dari bahan kerang dan bintang laut . Suvenir buatan local Pantai Kute ini ternyata memeng sudah mendunia, Buktinya Sudah banyak sekali kerajinan khas Bali yang diekspor ke benua lainseperti Benua Eropa dan Benua Amerika.

Panorama Keindahan Pantai Kute Bali, Wisata Pantai Populer Di Pulau Bali Indonesia
Panorama Keindahan Pantai Kute Bali, Wisata Pantai Populer Di Pulau Bali Indonesia


Yang menarik dari Pantai Kuta 

Penangkaran Penyu
Ternyata di kawasan pantai Kute juga ada sebuah penangkaran penyu. Bertempat tak jauh dari pantai, Anda akan melihat sebuah bangunan berbentuk seperti penyu raksasa yang di dalam bangunan tersebut terdapat banyak sekali pasir untuk tempat pengeraman telur penyu. Di sini Anda akanmenjumpai beberapa jenis penyu seperti olive ridley atau disebut juga penyu lekang yang sudah tergolong langka.

Bukan hanya itu saja hal yang paling menarik lainya adalah kegiatan pelepasan bayi penyu atau tukik ke laut lepas. Untuk kegiatan ini sendiri memang tidak ada jadwal pasti, kapan telur telur penyu menetas, maka segera akan dilakukan pelepasan tukik ke laut. Pelepasan tukik ini juga melibatkan siapa saja wisatawan yang bersedia untuk bergabung. Setiap Wisatawan akan berbaris dan masing-masing membawa sebuah kotak plastic yang berisi seekor anak penyu. Selanjutnya secara bersamaan, mereka melepaskan anak penyu tersebut.

Untuk pelepasan tukik ini biasa dilakukan jam 16:45. Dikarenakan burung-burung yang menjadi predator utama tukik ini akan sulit untuk melihat tukik pada jam tersebut.

Monumen Ground Zero

Berada tidak jauh dari Pantai Kuta ada sebuah monumen yaitu Monumen Ground Zero. Monumen ini adalah Monumen Panca Benua, tapi banyak juga yang menyebut Ground Zero adalah monumen yang dibangun bertujuan untuk mengenang korban ledakan bom Bali 1 pada tanggal 12 Oktober tahun 2002 lalu. Monumen ini sendiri diresmikan tepat setelah dua tahun tragedi tersebut.

Di bagian bawah dari monument ini terdapat daftar nama nama korban. Setiap tanggal 12 Oktober, monumen ini banyak sekali didatangi oleh keluarga ataupun sahabat dari korban untuk acara peringatan dan melakukan tabur bunga.

Monumen Ground Zero ini terletak di lahan Paddy’s CafĂ© yang dahulu menjadi tempat ledakan, tepatnya di Jalan Legian yang juga merupakan salah satu tempat hiburan di Kuta.

Itulah ulasan tentang salah satu obyek wisata di Pulau Bali, Pantai Kute dengan keindahan dan dan keunikanya, bagaimana Anda ingin mencobanya,, "SELAMAT BERLIBUR"

No comments:

Post a Comment