Pesona Keindahan Obyek Wisata Kawah Ijen Jawatimur Indonesia, Wisata Pegunungan Populer Di Provinsi Jawa Timur


Obyek wisata Kawah Ijen adalah salah satu wisata pegunungan yang bisa Anda nikmati jika berlibur ke Jawa Timur. Kawah Ijen ini terletak di kawasan wisata Gunung Ijen yang juga salah satu jenis kawah yang paling asam terbesar di dunia. Bahkan kawah ini konon bisa melarutkan tubuh manusia dengan cepat.

Pesona Keindahan Obyek Wisata Kawah Ijen Jawatimur Indonesia, Wisata Pegunungan Populer Di Provinsi Jawa Timur
Pesona Keindahan Obyek Wisata Kawah Ijen Jawatimur Indonesia, Wisata Pegunungan Populer Di Provinsi Jawa Timur



Obyek wisata Kawah Ijen berada di puncak Gunung Ijen yang juga adalah salah satu dari beberapa gunung yang ada di Provinsi Jawa Timur seperti gunung Bromo, Merapi, dan Gunung Semeru. Letak dari gunung Ijen ini berada di sebelah timur dari Gunung Merapi jawa timur. Memang di provinsi jawa ini ada dua gunung yang memiliki kesamaan nama yaitu gunung Merapi Jawa tengah dan Gunung Merapi Jawa timur. Obyek Wisata Kawah Ijen ini juga disebut sebagia Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang terletak di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan juga masuk di Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.


Kawah Ijen berada di ketinggian sekitar 2.368 meter dari permukaan laut. Yang lebih menariknya lagi iyalah kawah Ijen ini berada di tengah tengah kaldera terluas di Pulau Jawa. Ukuran dari kaldera ini sendiri sekitar 20 km dan untuk ukuran kawahnya adalah sekitar 960 m x 600 m dengan kedalaman yang mencapai sekitar 200 m. Dan kawah ini berada di kedalaman sekitar 300 m di bawah dinding kaldera.


Kawah Ijen ini memang memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi yang mendekati nol, inilah yang membuat Kawah Ijen mampu membuat larut tubuh manusia dalam sekejap dan juga disebut sebagai kawah yang paling asam di dunia. Ber suhu yang mencapai 200 derajat celcius membuat semakin takjub kawah sangat besar ini. Tapi dibalik berbahayanya kawah ini, kawah Ijen menyajikan pesona lam yang sangat indah juga menakjubkan. Berikut keindahan yang ada di kawah Ijen jawa timur.


Pesona Keindahan alam di Kawah Ijen

Jika di lihat dari bagian atas Gunung Ijen, kawah ini terlihat sangat indah. Selain itu,kawah ini juga merupakan danau besar yang memiliki warna hijau kebiru biruan yang diselimuti dengan kabut dan juga asap belerang yang menyajikan pemandangan indah. Untuk suhu udara dingin di sini bisa mencapai 10 derajat celcius, dan bahkan juga bisa mencapai suhu 2 derajat celcius, yang tentunya akan menambah sensasi tersendiri bagi para wisatawan yang dating ke Obyek Wisata Kawah Ijen ini. Selain itu Berbagai macam tanaman yang hanya hidup di dataran tinggi juga bisa Anda temukan di sini, seperti contohya Bunga Edelweis dan Pohon Cemara Gunung.

Pemandangan yang sangat indah adalah pada saat pagi hari menjelang matahari terbit. Sajian Kawah Gunung berwarna hijau kebiruan terlihat sangant indah dengan adanya cahaya matahari yang memiliki warna keemasan memantul di kawah ini. Selain itu,Pemandangan lainya yang juga sangat menakjubkan dapat Anda nikmati dengan menyaksikan keindahan pesona dari Gunung Merapi yang memiliki jarak berdekatan dengan Gunung Ijen ini. Jika dilihat sekilas Gunung Merapi sedikit mirip dengan Gunung Ijen.

Untuk perjalanan menuju ke Kawah Ijen, terlebih dahulu Anda harus menyusuri jalan setapak di tebing kaldera. Sebaiknya Anda membawa masker saat melakukan perjalanan dikarenakan terkadang asap belerang terbawa angin sampi ke jalur tersebut. Atau Anda juga bisa mengelilingi kaldera yang ada di kawasan ini dengan memakan waktu yang kurang lebih mencapai 8 hingga 10 jam dengan berjalan kaki.

Pesona Keindahan Obyek Wisata Kawah Ijen Jawatimur Indonesia, Wisata Pegunungan Populer Di Provinsi Jawa Timur
Pesona Keindahan Obyek Wisata Kawah Ijen Jawatimur Indonesia, Wisata Pegunungan Populer Di Provinsi Jawa Timur


Penambang Belerang Tradisional di area Kawah ijen


Penambangan Belerang secara tradisional di area kawah Ijen ini juga menjadi salah satu hal yang juga menjadi perhatian para wisatawan di kawasan wisata Kawah Ijen, Karena mereka dengan berani sekali mendekati area danau untuk menggali belerang dan hanya menggunakan peralatan yang sederhana dan dipikul dengan keranjang untuk membawanya.

Di tempat penambangan ini terlihat asap yang cukup tebal, tapi hanya dengan menggunakan penutup hidung seperti sarung, mereka tetap berani mencari lelehan lelehan belerang. Lelehan belerang ini berasal dari pipa yang menuju ke sumber gas vulkanik mengandung sulfur. Gas ini nantinya dialirkan melalui pipa dan keluar berbentuk lelehan belerang yang berwarna merah yang nantinya setelah membeku belerang ini beryubah warna menjadi warna kuning.

Selanjutnya belerang ini dipotong, dan akan dipikul oleh para penambang yang hanya melalui jalan setapak. Bahkan bobot belerang ini bisa mencapai 100 kg. Tapi para penambang di daerah ini sudah biasa memikul belerang yang sangant berat ini sambil melewati jalan setapak yang ada di tebing kaldera menuruni gunung yang berjarak sekitar 3 kilometer.



Rute Menuju Kawah Ijen

Pertama Anda harus menuju Bondowoso atau Banyuwangi dengan transportasi umum dari Kota Surabaya. Jarak dari Surabaya menuju ke Bondowoso atau ke Banyuwangi berjarak kurang lebih 200 kilometer. Sebelum melakukan wisata ke Kawah ijen sebaiknya Anda mempertimbangkan waktu perjalanan karena Kawah Obyek Wisata Ijen ini ditutup pukul 14.00 untuk keamanan, karena intensitas asap belerang yang beracun biasanya akan meningkat setelah jam tersebut.

Setelah Anda sampi do Banyuwangi atau di Bondowoso, Ada dua alternatif rute untuk menuju ke Kawah Ijen. Berikut ini adalah rute yang sering digunakan pengunjung menuju ke Kawah Ijen:

Banyuwangi

Untuk rute ini memang agak sulit dilalui karena kondisi jalan yang kurang bagus. Rute Baanyuwangi ini bisa ditempuh dari Banyuwangi yang dilanjutkan menuju Kecamatan Licin. Dari kecamatan Licin berikutnya Anda menuju ke daerah Jambu lalu ke daerah Patulding. Dari Patulding ini Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan juga tebing kaldera yang mempunyai jarak sekitar 2 kilometer untuk menuju Kawah Ijen. Jarak untuk melewati rute ini sekitar 38 kilometer.

Bondowoso

Untuk rute bondowoso ini bisa dikatakan lebih mudah untuk dilalui karena kondisi jalanan yang bagus dan mulus. Untuk Rute ini Anda dapat menempuhnya dari Bondowoso, menuju daerah Wonosari, dan berlanjut ke Sempol lalu ke Patulding. Dari daerah Patulding ini Anda sudah bisa melanjutkan perjalanan dengan berberjalan kaki untuk melewati jalan setapak dan juga tebing kaldera sejauh kurang lebih 2 kilometer menuju ke area Kawah Ijen. Jarak tempuh untuk melewati rute ini sekitar 70 kilometer yang dipaduan dengan pemandangan pohon kopi yang luas dan juga hutan pinus yang mempesona.


Bagaimana Anda tertarik untuk mengunjungi Obyek Wisata Kaawah Ijen di Provinsi Jawa Timur ini. Banyak sekali turis mancanegara ataupun lokal yang telah mengunjungi kawasan Ijen ini untuk menikmati pesona keindahan alam dan juga keunikan penambang belerang di Kawah Ijen.

No comments:

Post a Comment