Karimun Jawa indonesia, Kepulauan dengan keindahan alam yang mempesoan

Karimunjawa adalah kawasan wisata yang ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional pada tahun 2001, selain menyajikan keindahan alam yang menawan Karimunjawa juga merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, selain itu hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias hidup di Karimuunjawa. Beberapa fauna yang trgolong lang langka dan masih hidup disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Dan fauna yang masih hidup dan menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa adalah dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.


Karimun Jawa indonesia, Kepulauan dengan keindahan alam yang mempesoan
Karimun Jawa indonesia, Kepulauan dengan keindahan alam yang mempesoan



Karimunjawa sendiri merupakan slah satu kepulauan yang ada di Laut Jawa dan termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Untuk luas Kaarimun jawa ini memiliki luas daratan sekitar 1.500 hektare dan luas perairan sekitar 110.000 hektare, dan kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut Indonesia yang banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sejarahnya konon Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Pada saat itu Sunan Muria prihatin atas kenakalan putranya, yaitu Amir Hasan. Dengan tujuan untuk mendidik putranya, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak kabur atau di sebut "Kremun-kremun" jika di lihat dari puncak Gunung Muria, Hal ini ditujuakan Sunan Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Kepulauan Karimunjawa sendiri memiliki jumlah pulau yang cukup banyak sekitar 27 pulau, yang sebagian dihuni oleh masyarakat sekitar, tapi sebagian besat pulau pulau di Kepulauan Karimunjawa tidak berpenghuni. Pulau yang masih dihuni oleh manusi ialah pulau Karimun Jawa. Karena pulau Karimunjawa termasuk pulau yang paling besar diantara pulau lainnya, hal ini mempuat Karimunjawa dipilih sebagai hunian oleh beberapa suku yang ada di Indonesia, seperti suku jawa, suku madura, dan suku bugis. Mereka mendiami pulau ini sudah cukup lama, sebagian besar dari mereka adalah para pendatang yang bekerja sebagai nelayan kemudian tinggal dan menetap di pulau Karimunjawa.

Di kepulauan Karimun jawa sendiri terdapat banyak sekali tempat wisata untuk dikunjungi, bisa butuh waktu 3 sampai 4 hari untuk mengunjungi secara keseluruhan tempat wisata di Karimunjawa ini. Banyak sekali sekarang ini yang menyediakan jasa paket liburan, jadi Anda tidak pelu kawatir jika mau berwisata ke Karimunjawa. Dijamin tidak akan kata menyesal jika Anda berwisata ke Karimunjawa ini karena akan diberikan suguhan keindahan yang berbeda dari tempat lain. Pasir putih halus yang menghampar luas serta keindahan bahari bawah lautnya, tentu bisa menjadi pilihan utama Anda dalam memilih Karimunjawa sebagai tempat berlibur. Tak hanya dapat menikmati keindahan laut, daratan yang ada di pulau Karimun Jawa pun menyimpan sejuta keindahan untuk dinikmati. Baiklah berikut ini adalah bermacam obyek wisata yang bisa Anda nikmati di Karimunjawa.

Hutan mangrove Karimunjawa
Daratan dari pulau Kaarimunjawa juga menawarkan obyek wisata yang sangat indah, Obyek wisata ini menyajikan keindahan pemandangan alam yang berupa hutan yang masih hijau, sejuk dan alami. Hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini biasanya tumbuh di teluk-teluk pantai yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai, di mana di tempat seperti ini air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu. Wisatawan yang berkunjung di Karimunjawa, dapat hutan mangrove dengan berjalan kaki yang panjangnya mencapai 1,3 kilometer. Untuk menikmati tempat ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengoleskan lotion anti nyamuk karena tempatnya yang berawa-rawa sehingga banyak sekali nyamuk yang berkembang biak di tempat ini.

Gunung karimunjawa
Selain menyuguhkan wisata pantai atau laut di Karimunjawa Anda juga bisa menikmati keindahan wisata pegunungan. Di gunung Kaarimunjawa ini terdapat hutan hujan tropis yang masih banyak terdapat habitat rusa, burung, monyet ekor panjang, dan berbagai jenis hewan lainnya. Dan adanya pohon dewandaru yang merupakan pohon khas  Karimunjawa tumbuh subur di hutan ini. Namun Anda harus ekstra kalo ingin mendaki gunung ini, Karena di gunung Karimunjawa banyak sekali terdapat hewan yang masih liar, salah satunya adalah ular yang biasa disebut dengan ular Edor. Menurut para peneliti, ular edor termasuk dalam keluarga ular derik yang mempunyai bisa sangat mematikan.

Karimunjawa National Park
Di sebut jugaTaman Nasional Karimunjawa ini memiliki jumlah pulau sekitar 22 pulau dan mempunyai luas sekitar 111.625 Ha. tempat yang dulunya ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut kemudian pada tahun 1999, Cagar Alam Karimunjawa dan perairan sekitarnya seluas kurang lebih 111.625 Ha diubah menjadi Taman Nasional dengan nama Taman Nasional Karimunjawa. Dan pada tahun 2001 sebagian luas kawasan Taman Nasional Karimunjawa ditetapkan sebagai Kawasan Pelestarian Alam Perairan.

Penangkaran Hiu Di Pantai Menjangan Besar Karimun Jawa
Penangkaran Hiu Di Pantai Menjangan Besar Karimun Jawa


Transportasi menuju Karimunjawa


LautSalah satu Transportasi yang paling banyak digunakan ke pulau Karimunjawa adalah melalui jalur laut. Melalui Pelabuha Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Kartini Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, terdapat kapal KMC Kartini I yang merupakan salah satu kapal motor cepat yang berangkat setiap hari Sabtu dan kembali dari Karimunjawa setiap hari Minggu. Untuk waktu yang dibutuhka sendiri biasanya bisa memakan waktu sampai 3 jam.

Jika Anda memilih melalui Pelabuhan Kartini Jepara, di sini  terdapat 3 kapal penyebrangan umum, yaitu kapal cepat Express Bahari Cantika, kapal cepat Express 2C dan kapal fery KMP Muria. Anda bisa menggunakan layanan kapal Expres jika tidak mau berlama lama di perjalanan, paling hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Pulau Karimunjawa sedangkan jika Anda memilih menggunakan KMP Muria, kemungkinan Anda harus memerlukan waktu kurang lebih 5 sampai 6 jam untuk sampai di pulau Karimunjawa.

Untuk jadwal pemberangkatan kapal KMP MURIA dari pelabuhan Jepara tujuan Karimunjawa biasanya berangkat setiap hari selasa, rabu, dan sabtu. Dan untuk kapal Express berangkat setiap hari senin, selasa, jumat, dan sabtu. Jadwal ini kemungkinan juga dapat berubah sewaktu waktu sesuai dengan cuaca atau ketinggian ombak di laut jawa. 

Pesawat
Jika Anda memilih jalur udara di Karimunjawa terdapat sebuah bandara, yakni bandara Dewandaru. yang dapat ditempuh dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan. Armada pesawat yang menuju ke kepulauan Karimunjawa biasanya menggunakan pesawat sewa jenis CASSA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort). Untuk waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan dengan pesawat memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari bandara Ahmad Yani Semarang.

Bagaimana Anda berminat menikmati wisata dengan suguhan pemandangan di Kepulauan Karimunjawa ini, selamat menikmati liburan Anda.

No comments:

Post a Comment