Keindahan wisata Gunung Bromo jawa timur indonesia yang memukau

Gunung Bromo adalah salah satu gunung yang terletak di perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 2392 m dpl memang menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona bagi siapa saja yang datang untuk mengunjunginya, Selain itu juga banyak terdapat tempat wisata yang ada di sekitarnya menjadikan gunung ini sebagai tempat wisata yang unik dan asik untuk dikunjungi.

Keindahan wisata Gunung Bromo jawa timur indonesia yang memukau
Keindahan wisata Gunung Bromo jawa timur indonesia yang memukau


Gunung Bromo sendiri termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau di singkat( TNBTS ).Untuk menikmati pemandangan indah yang disuguhkan gunung Bromo sendiri biasanya para wisatawan akan menuju ke tempat dimana matahari terbit dan menikmati keindahan gunung Bromo dari ketinggian. Ada beberapa tempat yang biasanya para wisatawan gunakan untuk menikmati keindahan dari gunung Bromo diantaranya Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit KingKong dan Puncak B29. tetapi untuk Puncak B29 tempatnya terpisah agak jauh dari tempat lainya karena masih dalam masa pengembangan.

Sejarah dari nama Gunung Bromo sendiri konon berasal dari kata Brahma yang merupakan salah satu dari Dewa menurut keyakinan orang orang agama Hindu. Di gunung bromo sendiri kebanyakan masyarakatnya menganut agama Hindu, Suku tengger adalah nama suku yang tinggal di sekitar area gunung bromo suku ini berasal dari ras suku Jawa yang merupakan keturunan dari zaman kerajaan Majapahit.

Gunung Bromo sendiri merupakan salah satu gunung berapi aktif yang berada di kawasan provinsi Jawa Timur. Atau wisatawan sering menyebutnya icon dari provinsi jawatimur, Memang jika di lihat secara fisik Gunung Bromo tidak memiliki ukuran yang terlalu besar seperti gunung Semeru, gunung Argopuro, gunung Arjuno dan gunung – gunung lainya, tetapi Gunung Bromo ini menawarkan pesona yang indah yang sudah terkenal tidak hanya di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara.


Tempat tempat populer di gunung Bromo

Tidak hanya disajikan dengan satu pemandangan saja di Gunung Bromo ini, Anda akan bisa melihat beberapa suguhan keindahan Gunung Bromo ini seperti, View Point merupakan tempat yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan gunung Bromo dari ketinggian, Biasanya wisatawan memanfaatkan View Point ini untuk melihat indahnya matahari terbit saat pagi hari.

Selain itu ada juga tempat yang disebut Kawah Gunung Bromo, Ini juga termasuk tempat yang populer atau banyak dikunjungi wisatawan saatt berlibur ke gunung Bromo, kawah ini memiliki garis tengah berukuran kurang lebih sekitar 800 meter. Jika wisatawan inigin berkunjung atau menjangkau lokasi kawah gunung Bromo ini,wisatawan bisa melakukanya dengan menaiki kuda atau berjalan kaki yang kemudian akan disambut dengan tangga dengan anak tangga berjumlah 250. Memang agak sedikit memakan tenaga, tapi jika sampai pada kawah dari Gunung Bromo ini semua rasa capek akan langsung hilang, karena di sini Anda akan disuguhkan pemandangan dipuncak kawah Bromo yang sangat elok dan menawan dengan dihiasai pemandangan pegunungan tengger dan gunung Batok yang membentuk garis – garis terjal yang ada disamping kawah gunung Bromo.

Selanjutnya adalah Padang savana atau masyarakat sering menyebutnya padang Teletubies ini merupakan sebuah hamparan rumput yang sangat luas dengan luas yang mencapai 10 Km persegi, Pemandangan yang indah, sausana yang nyaman, dan kesejukan alami dari Gunung Bromo akan Anda rasakan apabila mengunjungi tempat ini, Untuk letak dari padang savana sendiri terletak di selatan kawah gunung Bromo, tepatnya di kawasan jemplang. Anda akan menemukan keunikan dan keindahan dari gunung Bromo apabila mengunjungi tempat ini.

Bukan hanya itu saja tempat yang satu ini juga merupakan tempat paling diminati bagi wisatawan yang mengunjungi gunung Bromo, Di sisni Anda akan disuguhkan dengan hamparan pasir yang terbentang luas membentuk lukisan garis – garis yang sangat indah. Anda akan bisa merasakan suara bisikan halus apabila mendekatkan telinga Anda ke dekat pasir. Tempat ini juga pernah dijadikan salah satu lokasi shooting film Pasir Berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo.

Jika Anda ingin berkunjung ke Gunung Bromo menurut saya lebih baik dilakukan pada musim kemarau antara bulan Mei sampai Oktober karena disitulah pengunjung bisa menikmati keindahan yang disajikan Gunung Bromo dengan sempurna.

Keindahan wisata Gunung Bromo jawa timur indonesia yang memukau
Keindahan wisata Gunung Bromo jawa timur indonesia yang memukau


Rute yang bisa di lewati menuju Gunung Bromo

Ada beberapa rute perjalan yang Anda bisa lewati jika mau menuju kawasan wisata Gunung bromo, Rute ini bisa Anda sesuaikan darimana Anda akan memulai perjalanan.

Dari Malang
Jika Anda lebih memilih jalur melawati Malang, Anda bisa menempuh perjalanan dari kota Malang menuju ke kecamatan Tumpang – Kab. Malang, dan selanjutnya akan diteruskan ke desa Bulak Klakah, setelah itu Anda akan bertemu dengan jalur yang melewati Lumajang, yaitu kawasan Jemplang dan kemudian dilanjutkan melewati padang savana gunung Bromo.

Dari Pasuruan
Untuk jalur dari pasuruan Anda bisa memulainya dari kota Pasuruan menuju ke kecamatan Wonorejo, yang berlanjut ke kecamatan Warung Dowo dan kemudian ke kecamatan Tosari, dari kecamatan Tosari, Anda terus menuju ke desa Wonokitri. kemudian dilanjutkan ke Penanjakan Gunung Bromo.

Dari Lumajang
Dari Lumajang Anda bisa dari kota Lumajang menuju kecamatan senduro, yang diteruskan menuju desa Ranu Pane, dan kemudian melewati bukit menuju ke kawasan wisata Bromo melalui kawasan Jemplang. di Jemplang Anda sudah bisa melihat pemandangan gunung Bromo dari kejauhan.

Dari Probolinggo
Bagi Anda yang memilih untuk melewati jalur Probolinggo, setelah menuju ke Surabaya perjalanan Anda akan diteruskan ke kabupaten Pasuruan, melewati jalan pantura kemudian masuk kabupaten Probolinggo. kemudia Anda akanbertemu dengan pertigaan kecamatan Tongas dan dilanjutkan menuju kecamatan Lumbang, Setelah sampai di kecamatan Lumbang, selanjutnya perjalanan Anda akan diteruskan menuju kecamatan Sukapura kemudian mengikuti jalan menuju ke desa Cemoro Lawang dan disinilah pintu utama untuk masuk ke kawasan gunung Bromo.

Baiklah sekian dulu yang saya bahas untuk wisata Gunung Bromo ini, selamat menikmati liburan Anda bersama keluarga.

No comments:

Post a Comment