Obyek wisata sejarah Candi Prambanan dan candi di sekitarnya Yogyakarta Jawa Tengah Indonesia

Salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal sampai ke Internasional salah satunya adalah Candi Loro Jonggrang, atau lebih terkenal dengan sebutan Candi Prambanan. Terletak di Yogyakarta jawa tengah, atau tepatnya di daerah kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, yang berjarak kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta. Candi yang dibangun pada abad ke -9 ini konon katanya adalah candi yang dipersembahkan untuk Trimurti, yaitu tiga dewa utama Hindu ketiga dewa tersebut adalah Dewa Brahmasebagai dewa pencipta, Dewa Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Dewa Siwa sebagai dewa pemusnah, salah satu buktinya adalah adanya arca Dewa Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

 Obyek wisata sejarah Candi Prambanan dan candi di sekitarnya Yogyakarta Jawa Tengah Indonesia
 Obyek wisata sejarah Candi Prambanan dan candi di sekitarnya Yogyakarta Jawa Tengah Indonesia


Candi prambanan juga disebut sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi prambanan sendiri sering di sebut sebut sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia, dan juga salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Hal ini terlihat dari bangunanaya yang memiliki bentuk tinggi dan ramping bentuk yang memang dimiliki olrh bangunan bangunan Hindu pada umumnya. Bukti bahwa candi ini ditujukan khususnya untuk Dewa siwa juga terlihat dari candi utama yang dimakan dengan candi Siwa yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks diantara gugusan candi-candi yang lebih kecil lainya.

Sampai saat ini candi yang disebut candi terindah di Asia Tenggara ini masih menjadi wisata populer di Yogyakarta, yang masih banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun asing, selain tempatnya yang begitu indah Candi prambana juga membuktikan betapa banyaknya peninggalan sejarah yang berharga di Indonesia. Selain menyajikan keindahan peninggalan kerajaan kuno fasilitas yang tersedia di sekitar kompleks candi Prambanan juga cukup lengkap, seperti hotel, restoran, toko toko cenderamata yang banyak Anda temukan dengan mudah di sini.

Di sekkitar Candi prambana sendiri masih banyak candi candi kecil yang memiliki keindahan wisata sejarah yang memukau, mungkin jarak beberapa ratus meter Anda bisa menemukan candi candi lainya yang ada di prambanan, apa saja candi yang ada prambana.,, berikut ini adalah candi candi yang ada di sekitar Candi prambanan.

Candi Candi Di Sekitar Candi Prambanan Yogyakarta

Candi Sewu
Candi sewu atau dalam bahasa jawa berarti seribu ini bukan berarti candi ini berjumlah seribu namun jumlah aslinya yaitu sekitar 249 candi.Candi manyjusrighra atau lebih di kenal dengan sebutan Candi Sewu ini adalah salah satu candi peninggalan dari sejarah agama Budha di Indonesia, Candi Sewu berjarak sekitar 800 meter dari candi Prambanan. Sejarahnya candi Sewu ini justru memiliki umur yang lebih tua dibandingkan dengan Candi Prambanan, karena konon Candi Sewu ini dibangun pada abad ke -8. Memmiliki komplek yang luas membuat candi ini juga disebut sebagai candi budha terbesar kedua di Jawa Tengah setelah candi borobudur.

Candi Banyunibo
Nama Banyunibo atau yang berarti 'air jatuh-menetes' adalah salah satu candi Buddha yang berada tidak jauh dari Candi prambanan, berjarak sekitar Sekitar 5,6 km ke arah selatan dari candi Prambanan, yang tepatnya berada di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Konon Candi ini di bangun pada abad ke-9 zaman Kerajaan Mataram Kuno. Bukti yang melambangkan bahwa candi ini merupakan candi Budha terlihat pada bagian atas candi yang terdapat sebuah stupa yang merupakan ciri khas agama Buddha.

Candi Sambisari
Candi yang ditemukan oleh seorang petani di Desa Sambisari pada tahun 1966 dan dipugar pada tahun 1986 oleh Dinas Purbakala. Candi yang berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta ini berjarak kurang lebih 4 km dari kompleks Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Posisi Candi Sambisari berjarak 6,5 meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan ini dikarenakan tertimbun lahar dari Gunung Merapi yang meletus secara besar-besaran pada awal abad ke-11,hal ini terlihat dari banyaknya batu material volkanik di sekitar bangunan candi.

Jika Anda berkunjung ke komplek Candi Sambisari ini Anda akan menemukan banyak sekali patung patung peninggalan Bundha seperti patung Durga Mahisasuramardini yang berada di sebelah utara, patung Ganesha di sebelah timur, patung Agastya di sebelah selatan, dan dua patung dewa penjaga pintu yaitu patung Mahakala dan Nandiswara disebelah barat. Bukan hannya ditemukan patung patung saja konon pada saat penggalian juga ditemukan berbagai benda lainnya di antaranya adalah beberapa tembikar, perhiasan, cermin logam, serta prasasti.

Candi Ratu Baka
Candi Ratu Baka atau sering dikenal dengan sebutan Candi Boko ini adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira berjarak 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, Candi ini memiliki luas sekitar 25 hektar dan berada di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut.

Banguna ini sendiri bukan berbentuk candi seperti lainya, banyak yang menyebutkan bahwa bangunan ini adalah sebuah istana dulunya, hal ini terlihat dari adanya sebuah gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung. Selain itu keberadaan candi ini yang berada di atas bukit dan adanya sebuah mata air yang keungkinan digunanakan masyarakat pada zaman dahulu untuk keperluan sehari hari. posisi Candi yang berada di atas bukit memberikan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah.


 Obyek wisata sejarah Candi Prambanan dan candi di sekitarnya Yogyakarta Jawa Tengah Indonesia
 Obyek wisata sejarah Candi Prambanan dan candi di sekitarnya Yogyakarta Jawa Tengah Indonesia


Rute Menuju Candi Prambanan

Udara

Rute perjalan menuju Candi Prambanan sendiri cukup mudah. jika Anda memilih menggunakn jalur udara Anda bisa langsung turun di bandara Adi Sucipto, dan dilanjutkan dengan naik kendaraan unum ke arah timur atau menjauh dari pusat kota Jogja yang hanya memekan waktu sekitar 20 menit untuk sampai di wisata Candi Prambanan.

Darat
Untuk Anda yang memilih jalur darat Anda bisa langsung naik bis Jogja-Solo dan langsung turun di depan loket masuk candi Prambanan. Jika membawa kendaraan pribadi dari arah barat, selatan maupun utara Jogja, Anda bisa nelewati jalan ringroad dan berkendara ke arah timur Jogja. Setelah bertemu dengan jalan Solo, maka Anda tinggal lurus ke arah timur sampai Anda menemukan bangunan candi besar di sebelah kiri Anda.



Baiklah sekian dulu yang saya sampaikan tentang peninggalan sejarah Indonesia Candi Prambana yogyakarta, jika Anda ingin menikmati wisata sejarah, Candi prambanan ini bisa menjadi tujuan Wisata Anda, Obyek Wisata Candi Prambanan sendiri di buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore dengan harga tiket yang cukup murah yaitu sekitar 40 ribuan. Bagaimana Anda berminat.

"SELAMAT MENIKMATI LIBUARAN ANDA"

No comments:

Post a Comment