Keindahan Obyek Wisata Danau Toba Dan Pulau Samosir Sumatera Utara Indonesia

Siapa yang tidak kenal denga danau yang berada di Sumatera Utara ini, selain memiliki sejarah yang sangat terkenal kususnya di Indonesia, Danau Toba Sumatera Utara ini memiliki keindahan dan Obyek wisata alam yang indah dan menawan. Inilah yang membuat Danau toba di kenal sampai ke Internasional.

Keindahan Obyek Wisata Danau Toba Dan Pulau Samosir Sumatera Utara Indonesia
Keindahan Obyek Wisata Danau Toba Dan Pulau Samosir Sumatera Utara Indonesia


Sejarah Danau Toba, Sumatera Utara

Menurut para ahli Danau Toba terbentuk saat ledakan sekitar 75.000 tahun yang lalu, letusan ini dikatakan memiliki kekuatan letusan supervolcano atau gunung berapi super yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa jumlah total material pada letusan mencapai sekitar 2.800 km3 sampai sekitar 2.000 km3 dari Ignimbrit yang mengalir di atas tanah, dan sekitar 800 km3 yang jatuh sebagai abu yang sebagian besar mengarah ke bagian barat. dan menghancurkan area seluas 20.000 km2, dengan deposito abu setebal 600 m dengan kawah utama.

Dampak dari kejadian ini sendiri mengakibatkan kematian massal dan kepunahan pada beberapa spesies makhluk hidup. Menurut penelitian ledakan ini juga menyebabkan berkurangnya manusia sampai dengan 60% atau sekitar 60 juta manusia yang ada di bumi. Letusan itu juga menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli masih memperdebatkannya. Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. dan munculnya Pulau Samosir yang disebabkan Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar. Inilah yang menyebabkan Danau Toba ada pulau di tengahnya yaitu pulau Samusir.

Sebuah tim peneliti Internasional yang dipimpin oleh Dr. Michael Petraglia, mengungkapkan dalam suatu konferensi pers di Oxford, di Amerika Serikat, menyatakan bahwa telah ditemukan situs arkeologi baru yang cukup spektakuler oleh para ahli geologi di selatan dan utara India. Di situs itu terungkap bagaimana orang bertahan hidup, sebelum dan sesudah letusan gunung berapi yang berskala besar atu disebut supervolcano Toba pada 74.000 tahun yang lalu, dan bukti tentang adanya kehidupan di bawah timbunan abu Gunung Toba. Padahal sumber letusan berjarak 3.000 mil, dari sebaran abunya.

Para ahli dari universitas Oxford tersebut meneliti proyek ekosistem di India, untuk membuktikan adanya kehidupan dan peralatan hidup yang mereka tinggalkan di padang yang gundul. Untuk melakukan penelitian ini sendiri memakan waktu yang tidak sedikit, bahkan sampi 7 tahun. Dan para peneliti pin mengungkapkan bahwa daerah dengan luas ribuan hektare ini ternyata hanya sabana atau padang rumput. Sementara adanya tulang belulang hewan berserakan yang ada disana, diakibatkan oleh abu letusan gunung berapi purba yang menutupi daerah tersebut, dan membuat banyak makluk hidupnya mati.

Penyebaran debu gunung Toba sangat luas bahkan ditemukan hampir di seluruh dunia. Bukti yang membuat abu dari Gunung Toba sampai ke seluruh dunia adalah ditemukan bentuk molekul debu vulkanik yang sama di 2100 titik. Sejak kaldera kawah yang kini jadi danau Toba di Indonesia, bahkan mencapai jarak hingga 3000 mil, dari sumber letusan. Dan yang lebih mengejutkan lagi ternyata penyebaran debu itu sampai Kutub Utara. Hal ini membuktikan betapa dahsyatnya letusan super gunung berapi Toba kala itu.

Keindahan Danau Toba dan sekitarnya

Danau Toba sendiri bisa dikatakan sebagai Danau terbesar se asia tenggara dengan luas sekitar 1.145 km persegi, Salah satu keunikan dari Danau Toba sendiri salah satunya adalah terdapat pulau kecil ditengahnya, bernama Pulau Samosir yang memiliki luas diperkirakan sama dengan luas negara singapura. Menurut cerita sejarahnya konon orang batak berasal dari pulau ini, di Gunung Pusuk Buhit tepatnya, sebelum orang batak menyebar ke seluruh daerah di indonesia ataupun ke luar negeri seperti sekarang ini.
.
Sebenarnya di pulau yang ada di Danau toba bukan hanya Danau Samosir saja, ada juga pulau bernama Pulau Sibandang, pulau yang berada di Kecamatan Muara Kab. tapanuli utara ini memang tidak terlalu besar, untuk menuju daerah Anda bisa menggunakan kapal-kapal kecil yang biasanya bersandar di pelabuhan kecil pasar muara. Selain itu ada juga pulau kecil bernama Pulau simamora. Pulau ini berada di desa Bakti raja, kabupaten Humbang Hasundutan, tapi pulau ini tidak memiliki penghuni dikarenakan memnag ukranya yang kecil. Anda bisa melihat pulau kecil ini dari kecamatan Bakti Raja (Kampung pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja XII), anda akan melihat pulau ini berdiri di tengah danau toba.

Pualu Samorir lah yang kenjadi Obyek wisata paling digemari di Danau Toba ini, selain turis lokal, banyak sekali turis turis dari luar negeri yang berkunjung dan berwisata ke pulau Samosir ini. Untuk tepatnya Pulau Samosir sendiri terletak di Desa Tuktuk Siadong-adong. Desa ini terlihat seperti daratan yang mencorok ketengah danau di sini anda bisa menemukan sisi keindahan danau toba yang tenang dan damai. Selain itu jika Anda berniat menginap di sini, Anda tidak perlu kawatir karena di daerah ini anda bisa menemukan penginapan seperti hotel, losmen dan jenis penginapan lainnya. selain itu Anda juga bisa menemukan souvenir-souvenir menarik, seperti ukiran patung dari kayu, baju bersablon danau toba, ulos dan beberapa souvenir unik lainnya yang di jajakan oleh penduduk sekitar.

Di Pulau Samosir terdapat desa yang bernama desa tuktuk siadong-adong, desa ini cukup unik berbentuk seperti bundaran. Di desa ini Anda bisa menikmati pemandangan dan keramahan penduduknya dengan cara naik sepeda maupun jalan kaki dan nantinya anda akan kembali lagi ke tempat anda semula. Selain itu di desa ini juga terdapat situs-situs bersejarah tentang suku batak yang bisa Anda kunjungi, seperti Makam raja sidabutar dan situs-situs lainnya. Di desa kecil yang indah ini Anda akan melihat para masyarakat lokal yang sedang menanami padi di sawah. selain itu Anda juga akan disuguhkan dengan Gorga Batak menghiasi tampak depan rumah mereka yang terlihat khas sekali.

Di sisni juga terdapat sebuah gunung yang bernama gunung Pusuk Buhit dengan tinggi sekitar 2 kilometer, inilah tempat bagi Anda yang suka dengan tentangan alam pegunungan. Gunung pusuk buhit ini dikenal sebagai gunung yang sangat sakral bagi suku batak. Hal inilah yang menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi banyak penakluk gunung. Dari gunung ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan Danau Toba yang terhampar luas, perbukitan terlihat mengelilingi danau toba dan birunya air danau akan melepaskan rasa lelah anda selama dalam perjalanan.

Keindahan Obyek Wisata Danau Toba Dan Pulau Samosir Sumatera Utara Indonesia
Keindahan Obyek Wisata Danau Toba Dan Pulau Samosir Sumatera Utara Indonesia






Ruter Perjalanan Menuju Danau Toba

Jika Anda ingin berkunjung ke Danau Toba, jalur terdekat yang bisa Anda gunakan adalah melalui kota Medan. Jadi ntuk Anda yang datang dari luar kota dan memilih jalur udara Anda bisa melakukan perjalanan dengan Transit di Kota Medan tepatnya di Bandara Kualanamu yang merupakan bandar udara internasional di Medan. Dan bagi Anda yang meilih jalur darat Anda bisa transit di terminal Amplas.

Jika Anda sudah sampai di kota Medang perjalanan Anda akan dilanjutkan ke Danau Toba dengan menggunakan Bus Damri untuk menuju Simpang Kayu Besar, Bus yang mengantarkan Anda menuju Simpang Kayu Besar ini terbilang cukup bagus, karena sudah dilengkapi dengan Ac dan Toilet didalamnya. Sesampai di Simpang Kayu Besar Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan lain dengan arah tujuan Perapat. Sebenarnya ada juga jasa penyedia transportasi yang bisa Anda sewa dengan rute perjalanan Medan – Perapat, tetapi harganya agak lumayan mahal, ya sebanding lah dengan pelayanan yang diberikan.

Dari Perapat ini, Anda sudah bisa menikmati indahnya suasana pemandangan Danau Toba, Jika Anda ingin menyeberang ke Pulau Samosir, Anda harus menyeberang dengan menggunakan kapal Ferry dengan tujuan Tuktuk Siodang di pulau Samosir. Tidak ada kata menyesal jika Anda menyeberang ke Pulau Samosir ini karena di pulau inilah yang merupakan tempat yang strategis untuk menikmati keindahan Danau Toba seutuhnya.


Fakta menarik tentang Danau Toba
  • Diakui sebagai salah satu danau vulkanik atau danau kawah terbesar di dunia.
  • Memiliki panjang mencapai 87 kilometer dan lebarnya 27 kilometer.
  • Mendapatkan julukan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.
  • Jumlah air yang ada di Danau Toba cukup untuk menggenangi seluruh Kerajaan Inggris hingga setinggi kira-kira satu meter.
  • Pulau Samosir di tengah Danau Toba memiliki luas 647 kilometer persegi yaitu hampir sama dengan luas negara Singapura.
  • Danau di atas danau, itulah yang terdapat di Pulau Samosir, karena memiliki dua buah danau di tengah-tengah pulau yang berada di tengah Danau Toba.
Itulah beberapa ulasan tentang danau Toba yang menyimpan sejuta keindahan di Indonesia, Sebagai orang Indonesia kita harus bangga memiliki keindahan alam yang mempesona seperti ini, bagaimana Anda berminat untuk menikmati keindahan Danau Toba di Sumatra Utara ini. "SELAMAT MENIKMATI LIBURAN BERSAMA KELUARGA ANDA"

No comments:

Post a Comment