Obyek Wisata Ubud Pulau Bali Indonesia, Wisata Populer Di Pulau Bali Indonesia

Obyek Wisata Ubud Bali merupakan salah satu destinasi wisata di Pulau Bali yang berbeda dengan sejumlah tempat tempat wisata di Pulau Bali lainya yang mungkin pernah Anda ketahui sebelumnya. Dari sekian banyaknya objek kawasan pantai yang bersuasana romantis dan menarik,Pulau Bali juga menyuguhkan sebuah tempat dengan kedamaian dan ketenangan yang dapat Anda nikmati. Berada di Kabupaten Gianyar, kawasan obyek wisata Ubud Bali juga sangat terkenal sekali dengan wisata sejarah, seni, dan budayanya yang khas dan begitu mempesona.

Obyek Wisata Ubud Pulau Bali Indonesia, Wisata Populer Di Pulau Bali Indonesia
Obyek Wisata Ubud Pulau Bali Indonesia, Wisata Populer Di Pulau Bali Indonesia


Wisata di Ubud di Bali memang sudah lama dikenal di para kalangan penikmat wisata perjalanan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara sekalipun. Secara administratif, Ubud ini merupakan salah satu kecamatan yang ada di Pulau Bali yang terhimpun dari 13 banjar yang membawahi sekitar 6 desa adat. Topografi wilayah Ubud sendiri pada umumnya dikelilingi oleh persawahan dan hutan yang diapit oleh jurang dan juga sungai. Inilah salah satu yang menambah keindahan alam di Ubud Pulau Bali, yang mampu memberikan inspirasi bagi siapa saja yang datang mengunjungi Ubud, selain itu di ubud sendiri juga dibalut dengan keramahan masyarakat lokalnya.

Obyek wisata Ubud Bali ini juga merupakan salah satu tempat tujuan terfavorit bagi banyak seniman. Di sini Anda akan melihat banyak seniman yang berasal dari Eropa, bukan hanya ada kalangan domestik saja. Kesenian lukis, ukir, sampi tari khas Ubud, adalah hal hal yang bisa dikatakan sebagai denyut nadi dari Ubud dan menjadi identitas tersendiri untuk tempat tersebut. Di Ubud inilah Anda dapat merasakan berbagai sisi keunikan dan juga menarik yang dimiliki masyarakat Bali. Di tempat wisata Ubud ini, pertunjukan tari Kecak, Barong, dan Legong biasanya diadakan setiap hari minggu. Bukan hanya itu saja di tempat ini juga ada pula drama tarian klasik Ramayana dan Mahabrata, yang diiringi dengan pertunjukan gamelan, da nada pula pertunjukan wayang kulit khas Pulau Bali.


Pesona wisata Ubud Bali

Ada salah satu film Hollywood terkenal yang dibintangi oleh aktris yang legendaris yaitu Julia Roberts dan Christin Hakim, yang berjudul “Eat, Pray, Love” film ini menjadikan Ubud sebagai salah satu tempat yang dipilih untuk shooting film. Inilah contoh bentuk pengakuan dari dunia terhadap Ubud Bali sebagai salah satu obyek wisata Bali yang menarik yang harus Anda kunjungi. Jika Anda berwisata dan berjalan jalan di sekitar Ubud Bali, Anda akan menemukan banyak sekali galeri seni dan juga sentra kerajinan local khas Ubud. Dan untuk Anda yang ingin belajar untuk melukis, Ubud ini adalah salah satu tempat yang ada di Bali yang direkomendasikan. Di sini Anda akan merasakan damai, masyarakat yang bersahabat, dan sajian keindahan alam di Ubud Bali.


Tempat tempat Menarik di Wisata Ubud Bali
Ada banyak sekali tempat dan juga kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan jika Anda berlibur atau mengunjungi kawasan obyek wisata Ubud Bali ini. Bagi Anda pecinta seni, Anda bisa singgah dari satu galeri ke galeri yang lain untuk bisa menikmati sajian beragam karya dari seniman-seniman local di Ubud ini. Atau Anda bisa juga mengunjungi beberapa pentas seni untuk menikmati sajian tarian tradisional khas Bali.Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati sajian kedamaian di Ubud Bali ini adalah dengan menginap di penginapan yang telah disediakan di Ubud selama beberapa hari. Berikut ini adalah sejumlah objek wisata Ubud yang menarik untuk dikunjungi.


  • Pasar Seni Ubud (Ubud Art Market)

Tempat Ini sebenarnya adalah salah satu pasar tradisional yang biasa yang bisa Anda temukan di berbagai tempat tempat di Indonesia. Tetapi, pada saat waktu beranjak melewati tengah hari atau menjelang sore, maka Anda akan bisa menemukan banyak sekali kerajinan khas Ubud di pasar tradisional ini. Pasar Seni Ubud ini terdiri dari dua lantai yang terletak di pusat Ubud yang tepatnya persis berada di depan Puri Agung Ubud atau sebuah bangunan bekas dari kantor pemerintahan pada masa Kerajaan Ubud.

Di pasar seni Ubud ini, terdapat bermacam kios yang menyediakan barang khas kesenian Pulau Bali, Berupa baju atau kain dan kerajinan tangan seperti tas, topi, pajangan dinding, aksesoris, lukisan, souvenir, dan banyak lagi kerajinan khas Ubud lainnya.Di tempat inilah yang menjadi salah satu tempat untuk membeli oleh-oleh khas Pulau Bali. Yang menarik lagi, di pasar seni Ubud ini Anda bisa membeli berbagai souvenir atau kerajinan khas Bali dan juga kerajinan lokal Bali dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan tempat tempat lainnya seperti di Pulau Dewata. Yang tentu saja, Anda harus bisa untuk tawar menawar harga.


  • Museum Puri Lukisan
Kawasan wisata Ubud Bali juga dikenal sebagai salah satu sentra karya lukis yang ada di Indonesia. Inilah sebabnya mengapa mengunjungi Museum Puri Lukisan yang ada di Ubud adalah salah satu hal yang menarik yang bisa dilakukan. Di tempat ini, Anda dapat melihat berbagai macam karya seni dari seniman lokal yang akan mengundang decak kagum.

Museum yang didirikan sejak tahun 1950 ini menyimpan beberapa koleksi terbaik berupa lukisan dari berbagai tempat sekolah seni yang ada di Bali. Di tempat inilah Anda bisa mengetahui aliran seni yang ada di Bali, yang pada awalnya bertransformasi dari seni yang bercorak tradisional sampai modern yang pada awalnya dipelopori para seniman lukis yang ada diUbud.


  • Puri Agung Ubud
Berada di tengah Ubud, tempat inilah yang juga menjadi pusat dari pemerintahan Kerajaan Ubud pada masanya . Puri ini disebut juga salah satu pusat dari kegiatan seni dan budaya juga adat yang selalu diselenggarakan di depan puri Agung Ubud ini. Bentuk Tata ruang dan juga bangunan puri Agung Ubud masih seperti sebagaimana asal mulanya.

Selain itu Anda juga dapat menikmati sajian pertunjukan tari tarian di bagian halaman depan dari Puri Agung Ubud, yang ada pada sebuah area yang dikenal dengan sebutan Ancak Saji. Pertunjukan tari tarian ini sendiri diadakan setiap seminggu sekali. Di Puri Agung Ubud ini Anda juga dapat menyaksikan beberapa kelompok seni musik yang ada di Ubud berlatih setiap hari di tempat ini.


  • Taman Wanara Wana (Monkey Forest)

Wanara wana sendiri konon berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu Wanara yang berarti kera dan kata Wana yang berarti hutan. Atau para Wisatawan mancanegara menyebutnya dengan sebutan “Monkey Forest”. Tempat ini adalah hutan kecil yang menjadi tempat habitat ratusan kera di Ubud sejak ratusan tahun yang lalu. Umumnya, kebanyakn kera di tempat ini sudah jinak bahkan Anda juga bisa memberinya makanan.

Masyarakat local di sini sering menyebut hutan ini sebagai hutan yang sakral. Di hutan ini juga terdapat tiga pure kuno yang bisa Anda kunjungi, yaitu Pura yang bernama Dalem Padangtegal, Pura Pemanduan Suci, dan purea Nista Mandala. Selain itu, hutan ini juga dijadikan Makam Desa, salah satu tempat dimana Anda dapat menyaksikan langsung upacara pemakaman khas Pulau Bali yang disebut Ngaben. Upacara di pura atau di sebut odalan ataupun upacara pembakaran orang yang sudah meninggal atau Ngaben dapat Anda temukan di kawasan obyek wisata Ubud Bali ini.


  • Wisata Kopi Bali di Ubud
Tempat ini juga merupakan tempat yang cukup populer di kalangan wisatawan local maupun wisatawan asing. Dikemas dengan konsep agrowisata, Anda bukan hanya bisa bersantai sambil menikmati hangatnya kopi Ubud di saung-saung yang telah tersedia, tapi Anda juga dapat melihat langsung proses pengolahan kopi mulai dari awal.

Di tempat ini, Anda akan diajak untuk berkeliling kebun kopi untuk melihat berbagai macam jenis tanaman kopi. Bukan hanya itu, Di tempat ini Anda juga dapat melihat banyak sekali hewan luwak penghasil kopi luwak. Untuk bisa mencicipi secangkir nikmatnya kopi luwak asli ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 80 ribu saja. Dan jika Anda merasa suka, Anda juga dapat membeli kopi yang dijual di sana untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Obyek Wisata Ubud Pulau Bali Indonesia, Wisata Populer Di Pulau Bali Indonesia
Obyek Wisata Ubud Pulau Bali Indonesia, Wisata Populer Di Pulau Bali Indonesia


Hotel di Kawasan Wisata Ubud Bali
Meskipun hanya sebuah kecamatan yang terdiri dari sejumlah desa, Ubud di Bali merupakan salah satu kawasan yang sudah berkelas internasional, di tempat ini tersedia berbagai fasilitas akomodasi seperti hotel yang ada di Kuta Bali. Ada banyak sekali hotel dan resort di Obyek wisata Ubud Bali ini, mulai dari hotel bintang lima sampai bermacam penginapan yang murah lainnya, contohnya saja seperti hotel melati dan hotel homestay. Karena cara terbaik untuk menikmati wisata di Ubud adalah dengan menetap di sini selama beberapa hari. Dengan tinggal di homestay merupakan cara terbaik bagi Anda yang ingin berbaur dengan kehidupan masyarakat Ubud Bali yang sesungguhnya.

Untuk bisa mendapatkan hotel, Anda harus melakukan booking sebelumnya untuk bisa mendapatkan kamar yang masih kosong, terutama pada saat musim libur tiba. Anda bisa langsung menghubungi pihak hotel yang ada di sana ataupun mencari hotel di kawasan Ubud secara online.


Rute Menuju Ubud Bali
Bisa dibilang tidak terlalu sulit untuk bisa menuju ke kawasan obyek wisata Ubud Bali ini. Buakan hanya itu saja , untuk mengeksplorasi keindahan alam dan juga keramahan masyarakat Ubud ini dapat dilakukan dengan mudah.

Jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta ataupun dari Bandung, maka untuk bisa sampai di Ubud Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 40 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. yang hanya akan memerlukan waktu kurang lebih 45 menit sampai 1 jam jika Anda berkendara menggunakan mobil dari bandara Ngurah Rai tersebut Anda akan melewati Jln. Bypass Ngurah Rai, yang berlanjut melewati Jln. Raya Batu Bulan menuju ke Jln. Raya Singapadu, dan Jln. Raya Lodtunduh. Dan untuk perjalanan darat Anda dapat menempuh perjalanan menuju ke Ubud Bali ini mulai dari Surabaya menaiki kapal penyeberangan di Banyuwangi yang langsung menuju ke Pulau Bali.


Baiklah itu beberapa ulasan tentang Obyek Wisata Ubud Bali mulai dari keunikan keberagaman budaya dan seni khas Ubud Bali, bagaimana Anda berminat untuk menjelajahi salah satu obyek terkenal di Pulau Bali ini, “SELAMAT MENIKMATI LIBURAN”

No comments:

Post a Comment